Sabtu, 02 April 2011

Salam Tabik Haul Buntet

Hari ini, Sabtu (02/04/2011) di Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon sedang digelar helatan tahunan "Haul". Helatan yang sudah berlangsung puluhan kali diselenggarakan ini, merupakan acara pertemuan atau silaturahmi antara warga Buntet, para santri, para alumni, pejabat, petinggi dan berbagai komponen masyarakat. Karenanya, tidak heran jika setiap haul ratusan ribu manusia berduyun-duyun mendatangi Buntet Pesantren.

HAUL atau hari ulang tahun yang dirayakan setiap tahun di kampung Pondok Buntet Pesantren Cirebon, menjadi adat masyarakat yang hampir tidak pernah dilewatkan dalam benak orang-orang Buntet dan komunitasnya. Haul itu sendiri dinamai HAUL Almarhumin warga dan sesepuh Pondok Buntet Pesantren Cirebon. Sehingga yang menyelenggarakan haul bukan saja para keluarga sesepuh pondok Buntet Pesantren, tetapi semua warga yang ada di Buntet Pesantren berhak untuk meramaikan dan berkontribusi dalam ajang tahunan ini.

Tidak heran, dari semula haul sebagai acara keluarga pondok, untu saling mengingat kematian, menghormati para sesepuh dan merekatkan silaturahmi, kini sudah menjadi konsumsi publik dan dihadiri oleh ratusan ribu tamu dan penggiat setiap tahun.

Tidak heran juga para pejabat hingga presiden kerap hadir di moment silaturahmi ini. Haul telah berubah bukan saja forum silaturahmi tetapi juga forum ukhuwah basyariyah dan ukhuwah Islamiyah.

Salam Tabik! semoga seluruh acara yang diagendakan dapat berjalan dengan sukses, amien.... (ASF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar