Minggu, 18 April 2010

tulisan pertamaku di blog-ku

Refleksi Sapendak (1 tahun) MagarsariPost

Ketika menulis posting Menjelang Haul Gedongan’ (4/8), pikiran saya terkenang pada tulisan dengan judul ‘Catatan Sungkrah Haul Gedongan’ yang saya tulis hampir satu tahun silam.

Yah, satu tahun silam. Sepertinya masa itu baru saja kemarin, kemarin yang lalu, kemarin dulu, ketika saya pertama kali menulis ‘tulisan pertamaku di blog-ku’.

Tulisan pertamaku berjudul : "Gedongan" Antara Kata, Nama, dan Makna, yang dipublikasikan di blog-ku MagarsariPost | Minggu, 19 April 2009, adalah sebuah curahan kegundahan di tengah maraknya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini melalui akses yang disebut “internet”.

Internet, adalah interkoneksi antar jaringan (web) yang saling terhubung tanpa mengenal batas teritorial, yang secara umum dapat disebut sebagai sumber daya informasi, suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Namun, jangan dikira bahwa informasi di internet ada dengan sendirinya tanpa ada yang mengelola, tidak. Informasi harus ada yang menggali juga membagi, supaya ketika sewaktu-waktu diperlukan akan dapat disampaikan, sehingga tidak membuat orang gundah seperti pengalaman yang pernah saya alami.

Saya gundah --hal lumrah yang bisa dialami oleh siapa saja-- ketika tidak menjumpai informasi yang saya cari di internet. Kegundahan saya oleh karena data yang saya butuhkan --data tentang Gedongan-- tidak diketemukan, nihil. Meski bagi orang lain data itu tidak penting, tapi bagi saya “Gedongan” memiliki nilai sejarah, karena di sanalah “tempat lahir beta”, yang memendam banyak kenangan dan kisah.

Bermuara dari sinilah akhirnya tumbuh ghirah saya untuk berbagi kepada dunia (maya), ber-tutur tinular tentang Gedongan (dikupas tuntas dalam ‘tulisan pertamaku di blog-ku’). Melalui washilah blog-ku yang kupilihkan nama "MagarsariPost" inilah akhirnya tulisan pertamaku "Gedongan" Antara Kata, Nama, dan Makna terpublikasikan (posting).

Tanpa terasa, peristiwa itu kini telah satu pendak berlalu, telah 31536000 detik terlewati, ketika jari-jemari ini asyik memainkan tombol ketik menguntai kata merangkai kalimat informasi, yang kemudian untaian-untaian kalimat tersebut tersusun dalam bait-bait berirama membentuk paragraf siap posting. Ada asa yang terbersit, ada cita yang tersirat bahwa setiap posting akan jadi informasi dan pengetahuan bagi orang lain. Lembaran-lembaran posting itu kini telah terkumpul, mewarnai ragam cerita yang muncul di jagat maya, menambah perbendaharaan khasanah keilmuan.

Mengenang ‘tulisan pertamaku di blog-ku’, terkenang sapendak perjalanan blog-ku.

Selamat ulang tahun blog-ku!
Hepi besday tu yu...... (ASF).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar